June 21, 2024

Cara Mengisi Token Listrik Terbaru 2023 Yang Paling Terbaik

5 min read

Cara Mengisi Token Listrik – Penggunaan token listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan utama yang menjadi rutinitas bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Token listrik adalah peralihan dari tagihan listrik pascabayar menjadi prabayar. Dengan cara ini, pengguna bisa membayar kebutuhan listrik sendiri semudah membeli pulsa telepon. Sedikit berbeda dengan melakukan beli pulsa telepon, token listrik tidak otomatis terisi saat pengguna sudah melakukan pembelian. Cara mengisi token listrik adalah memasukkan nomor token ke meteran listrik agar bisa digunakan untuk menyalakan perangkat listrik di rumah. Meskipun sederhana, cara memasukan token listrik mungkin membingungkan bagi yang baru pertama kali menggunakan listrik prabayar. Perlu dipahami pula bahwa cara beli token listrik adalah langkah berbeda dengan cara memasukkan token listrik ke meteran.

Perbedaan Token Listrik Prabayar dan Bayar Tagihan Pascabayar

Cara Mengisi Token Listrik Perbedaan Token Listrik Prabayar dan Bayar Tagihan Pascabayar Sistem pembelian listrik prabayar dengan cara mengisi token listrik disebut sebagai Listrik Pintar. Perubahan sistem pembayaran listrik ini mulai hadir di Indonesia sejak 2008.

Jika token listrik habis, pengguna akan mendapatkan peringatan dari bunyi meteran agar bisa melakukan pengisian ulang dan listrik tidak padam. Berbeda halnya dengan tagihan pascabayar, listrik akan diputus dan tidak dapat dipakai jika pengguna lupa membayar.

Cara mengisi token listrik juga dinilai sebagai salah satu sistem penggunaan fasilitas yang bisa dikendalikan sendiri oleh pengguna. Selain itu, sistem prabayar juga meminimalisasi human error dari petugas PLN yang biasanya mencatat nomor meteran secara manual untuk menghitung penggunaan listrik bulanan.

Cara Mengisi Token Listrik untuk Pengguna Listrik Prabayar

Cara Mengisi Token Listrik

Cara Mengisi Token Listrik Saat sudah beralih ke penggunaan listrik prabayar, pengguna perlu tahu cara memasukan token listrik setelah membelinya. Cara beli token listrik bisa dilakukan melalui agen pembelian, minimarket, toko online, maupun layanan bank seperti ATM atau m-banking.

Meskipun ada dua tahap yang perlu dilakukan pengguna, kamu akan segera terbiasa karena langkahnya juga mudah. Bagi yang masih belum mengetahui cara pengisian token listrik prabayar, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

Cara Beli Token Listrik untuk Pelanggan Listrik Prabayar

Cara Mengisi Token Listrik Untuk membeli token listrik, pengguna harus mengetahui nomor ID pelanggan atau dikenal juga sebagai nomor meter. Nomor ini terdiri dari 11 digit angka yang tertera dalam mesin meteran listrik di rumah. Jika sudah mencatatnya, berikut ini cara beli token listrik prabayar.

1. Cara beli token listrik online

Cara Mengisi Token Listrik Seperti membeli pulsa, pengguna juga sudah bisa membeli token listrik melalui aplikasi toko online atau perbankan. Pilih salah satu aplikasi dari smartphone untuk melakukan pembelian token listrik dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih menu pembelian token atau tagihan melalui aplikasi
2. Masukkan 11 digit nomor meter/ID pelanggan dengan benar
3. Pilih nominal token listrik yang dibutuhkan
4. Periksa nama pelanggan yang tertera pada halaman konfirmasi sudah benar
5. Pilih metode pembayaran dan lanjutkan prosesnya hingga muncul invoice transaksi
6. Simpan 20 digit nomor token listrik untuk dimasukkan ke dalam meteran
7. Pengguna juga bisa memeriksa halaman riwayat transaksi untuk mengecek nomor token

2. Cara beli token listrik offline

Cara Mengisi Token Listrik Pengguna juga bisa datang langsung ke konter pembelian token listrik. Tidak seperti membayar tagihan listrik ke loket, token listrik bisa dibeli di minimarket atau agen pembelian seperti Mitra Bukalapak dengan cara berikut ini.

1. Siapkan nomor ID pelanggan/nomor meter yang akan dibeli tokennya
2. Pergi ke agen pembelian token listrik terdekat dan sebutkan nomor meternya
3. Minta agen untuk konfirmasi nama pelanggan, lalu pilih nominal token yang dibutuhkan
4. Lakukan pembayaran kepada agen pembelian token listrik
5. Catat 20 digit nomor token untuk dimasukkan ke meteran listrik di rumah

Cara Memasukkan Token Listrik yang Benar

Cara Mengisi Token Listrik Jika sudah melakukan pembelian token listrik, pastikan pengguna juga sudah menyimpan atau mencatat nomor token listriknya. Jika membeli melalui aplikasi perbankan, biasanya nomor token disebut dengan STROOM token yang bisa dilihat melalui riwayat transaksi. Nah, ini cara memasukan token listrik ke meteran.

1. Siapkan 20 digit nomor token listrik yang sudah kamu beli
2. Periksa dulu sisa token listrik yang tertera pada mesin meteran
3. Masukkan 20 digit nomor token listrik dengan menekan tombol
4. Jika salah memasukkan nomor token, tekan tanda panah di bawah angka 7 untuk menghapus
5. Tekan tombol enter (biasanya berwarna merah) di bawah angka 9 pada meteran
6. Jika sudah menekan tombol enter, akan muncul status “BENAR” atau “ACCEPT”
7. Pastikan angka yang tertera pada meteran sudah bertambah dari sisa awal dan lampu meteran akan berubah menjadi hijau yang berarti status kredit listrik masih cukup

Cara Memasukan Token Listrik Jika Status Salah

Cara mengatasi jika memasukkan token listrik salah. Untuk melakukan pengisian 20 digit nomor token, wajar jika kamu salah nomor token. Biasanya, hal ini terjadi jika nomor token sudah pernah diisikan ke meteran atau ada kesalahan saat memasukkan nomor token. Nomor token listrik juga berlaku selamanya dan tidak akan hangus. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir dan bisa mengulanginya terlebih dahulu dengan langkah berikut ini.

1. Kalau salah nomor token listrik, status pada meteran akan menunjukkan notifikasi “SALAH” atau “REJECT”
2. Periksa kembali bukti pembelian token listrik dan pastikan nomor pelanggan sudah benar
3. Jika nomor pelanggan sudah benar, artinya kamu salah memasukan nomor token
4. Ulangi pengisian token listrik dengan menekan 20 digit nomor token ke meteran
5. Pastikan untuk mengisi nomor token dengan benar hingga sisa token listrik bertambah

Cara Mengecek Sisa Pemakaian Listrik

Jika sisa token listrik sudah tinggal sedikit, status token listrik akan ditandai dengan lampu berwarna merah. Selain itu, token juga akan mengeluarkan bunyi berturut-turut jika sisa token listrik tinggal sedikit dan kamu perlu mengisinya sebelum token benar-benar mati.

Seperti halnya pemakaian listrik pascabayar, penggunaan token listrik prabayar juga berbeda-beda untuk setiap rumah tergantung intensitas penggunaan. Biasanya, pengguna akan bisa menerka setelah 2–3 bulan penggunaan listrik yang konsisten.

Namun, pengguna juga bisa melakukan pengecekan sisa token listrik dari meteran. Sisa saldo token listrik bisa langsung dilihat pada meteran PLN di rumah agar kamu bisa mengisinya sebelum notifikasi berbunyi. Untuk beberapa merek meteran, pengguna perlu memasukkan kode nomor tertentu untuk mengeceknya.

– Meteran Itron: tekan tombol 09 + Enter
– Meteran Glomet: tekan tombol 37 + Enter
– Meteran Star: tekan tombol 07 + Enter
– Meteran Hexing: tekan tombol 801 + Enter

Cara mengisi token listrik bisa dilakukan dengan beli token listrik dan memasukkan nomor tokennya ke mesin meteran. Beli token listrik juga bisa dilakukan dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.