May 19, 2024

Kuy Cek 4 Cara Instal Ulang HP Di Segala Merek Yang Terbaik

5 min read
Cara Instal Ulang HP

Cara Instal Ulang HP, Pada era serba di gital seperti saat ini, penggunaan smartphone nggak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Banyak aktivitas harian yang mengandalkan HP, seperti mengambil foto, mengecek media sosial, atau melakukan pembayaran di aplikasi e-wallet. Saat ini HP Android pun sudah nggak kalah dengan smartphone iOS. Di bekali dengan fitur-fitur canggih serta harga yang relatif terjangkau membuatnya di minati oleh banyak kalangan.

Meskipun demikian, bukan berarti penggunaan HP Android tanpa masalah. Bisa jadi suatu saat smartphone-mu mengalami kendala yang serius, seperti hang, bootloop, atau banyak virus. Guna mengatasi masalah ini, kamu bisa mengikuti cara instal ulang HP Android yang langkah-langkahnya bisa kamu simak melalui penjelasan di bawah.

Cara Instal Ulang HP Android dengan Mudah

Smartphone mengalami masalah yang serius ketika kita membutuhkannya di saat-saat penting memang bikin keki, geng. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengatasi hal ini jika sewaktu-waktu mengalaminya. Nah, berikut adalah 4 cara instal ulang HP Android yang bisa kamu lakukan ketika smartphone mulai mengalami masalah yang nggak bisa di selesaikan hanya dengan restart HP. Yuk, di simak.

Cara Instal Ulang HP dengan Factory Reset

Cara Instal Ulang HP

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk instal ulang HP adalah melalui menu Pengaturan atau Settings yang menjadi bawaan di setiap HP. Dengan cara ini, kamu nggak perlu susah-susah download aplikasi lain, geng. Nah, cara instal ulang HP melalui menu Setting di sebut sebagai reset HP. Jika kamu melakukan reset HP, maka semua data akan terhapus dan sistem kembali ke pengaturan pabrikan. Dengan demikian, cara ini juga di sebut sebagai factory reset.

Setelah membersihkan semua data dan mengembalikan sistem, biasanya performa perangkat akan kembali lancar seperti semula. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti sebagai cara instal ulang HP dengan factory reset.

Langkah 1 – Buka Menu Setting

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka menu Settings di smartphone-mu. Scroll ke bawah hingga menemukan menu General management. Sesuaikan pilihan ini dengan tampilan di HP Android milikmu sendiri, ya, geng.

Langkah 2 – Melakukan Factory Reset

Sebelum melakukan reset HP, lebih baik kamu melakukan backup data karena setelah semua data terhapus, kamu nggak akan bisa mengembalikannya lagi. Langkah selanjutnya dalam cara instal ulang HP Samsung dan merek lainnya adalah pilih opsi Reset di bagian bawah. Kemudian, pilih Factory data reset. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah klik tombol Reset. Tunggu prosesnya sampai selesai, dan HP akan restart dengan sendirinya.

Cara Instal Ulang HP dengan Kode Rahasia

Cara instal ulang HP OPPO, Samsung, vivo, dan lainnya yang kedua adalah dengan meggunakan kode rahasia. Pada dasarnya, setiap merek HP Android memiliki kode rahasia masing-masing yang dapat membantu kamu masuk ke fitur tertentu dengan cepat. Contohnya, kamu bisa mengakses kode *#06# sebagai cara cek IMEI pada HP Xiaomi. Namun, ada juga beberapa kode rahasia yang berlaku untuk semua merek HP Android, termasuk kode rahasia untuk instal ulang HP.

Ada dua jenis kode rahasia sebagai cara instal ulang HP, yaitu kode rahasia untuk soft reset dan kode rahasia untuk hard reset. Kalau kamu ingin mengetahui perbedaan keduanya, kamu bisa baca melalui artikel berikut ini. Nah, cara instal ulang menggunakan kode rahasia bisa di lakukan dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu buka aplikasi Phone, lalu ketik ##7780#*# dan klik Dial jika ingin melakukan soft reset, atau akses kode *2767*3855# jika lebih memilih hard reset. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu proses reset hingga selesai, lalu restart smartphone-mu. Dengan demikian, menggunakan kode rahasia Xiaomi maupun Android lainnya membuat instal ulang menjadi lebih praktis.

Cara Instal Ulang HP dengan Flash HP

Flash HP, atau juga di sebut sebagai flashing HP, adalah proses menginstal ulang sistem operasi Android agar kembali seperti semula. Flash sering di pilih sebagai cara instal ulang karena terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah. Manfaat melakukan flashing adalah meningkatkan performa HP dan menghilangkan virus. Namun, flashing berpotensi membuat smartphone menjadi bootloop atau bahkan mati total jika terjadi kesalahan pada prosesnya.

Cara flashing HP Android berbagai merek kurang lebih sama, yang membedakan hanyalah firmware yang di gunakan. Kamu harus menyesuaikannya dengan merek dan tipe HP milikmu. Dengan demikian, kamu tetap bisa mengikuti cara instal ulang Samsung dengan dan tanpa PC meskipun kamu menggunakan HP vivo. Sesuaikan saja dengan firmware vivo yang sudah kamu download, geng.

Cara Instal Ulang HP dengan Instal Custom ROM

Cara instal ulang HP terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan instal custom ROM, yaitu sebuah sistem yang telah di modifikasi dengan tujuan untuk meningkatkan performa HP Android. Berbeda dengan stock recovery yang merupakan bawaan HP dan hanya bisa instal update ROM resmi, custom ROM memungkinkan kamu untuk menginstal berbagai file seperti Tweak, Custom Kernel, ROM, dan lainnya.

Jika kamu instal custom ROM, maka hal ini sama dengan mengganti sistem Android. Sementara itu, mengganti sistem sama dengan melakukan instal ulang . Nah, instal custom ROM bisa di lakukan melalui software Team Win Recovery Project (TWRP). Daripada kamu penasaran, langsung saja simak cara instal ulang dengan meng-instal custom ROM berikut ini.

Langkah 1 – Download TWRP

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah download software TWRP. Di sini Mimin menggunakan TWRP Orange Fox. Kamu bisa download melalui link https://orangefox.download/en dan sesuaikan sendiri dengan tipe smartphone-mu. Tenang saja, di sana sudah tersedia berbagai merek dan tipe HP Android.

2 – Masuk ke Mode TWRP

  • Selanjutnya, matikan ponselmu, lalu tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power, atau Volume Up + Power. Beberapa smartphone punya kombinasi tombol yang berbeda, sehingga coba dua cara itu, ya, geng.
  • Setelah masuk ke mode TWRP, sebaiknya lakukan backup ROM. Caranya, pilih Backup, lalu pilih Boot dan System.
  • Karena akan flash custom ROM, maka kamu harus memilih Wipe, lalu klik Advance Wipe, kemudian pilih Dalvik/ART Cache, System, dan Data.

Langkah 3 – Instal Custom ROM

  • Kembali ke tampilan utama TWRP, kemudian pilih Install.
  • Cari dan pilih file .zip yang akan di-instal atau flash.
  • Jika sudah yakin filenya benar, geser layar untuk memulai proses instal.
  • Selanjutnya, kamu tinggal pilih Reboot dan System, lalu HP Android akan kembali menyala seperti biasa.

Itu dia empat cara instal ulang yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki berbagai masalah yang mungkin terjadi di Android. Semoga dengan cara-cara yang Mimin berikan di atas kamu nggak bingung lagi ketika menghadapi kendala pada smartphone-mu, ya, geng.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.